Jumat, 03 Desember 2010

gunung bromo

Gunung Bromo Meletus

Gunung Bromo Meletus – Aktivitas Gunung Bromo di Probolinggo terus meningkat terdengar letusan kecil disertai awan Panas tebal atau Wedus Gembel. Berkaitan dengan aktivitas Gunung Bromo terus dipantau aktivitasnya oleh Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan informasi berkaitan dengan Gunung Bromo ini disampaikan oleh situs berita Antara melalui Twitter.


Gunung Bromo Meletus
Gunung Bromo Meletus
Berikut Berita Terbaru ANTARA:
Kepala Bidang Mitigasi Bencana Geologi Dari PVMBG Gede Suantika, Minggu, mengatakan, besarnya letusan tersebut dapat dilihat dari jumlah amplitudonya yang mencapai 30-40 milimeter.
“Jika hari-hari sebelumnya hanya sebatas 30 mm, namun untuk hari ini mencapai 30-40 mm. Tapi lebih dominan 36 mm,” katanya.
Gede Suantika menyatakan kondisi ekstrim bisa saja terjadi jika amplitudonya melebihi 40 mm. Gede menyebutkan hingga pukul 00.00 – 15.00 WIB terjadi gempa vulkanik dangkal sebanyak 21 kali.
“Untuk arah asap hingga saat ini masih mengarah ke barat daya atau Kabupaten Malang,” ujarnya.
Namun demikian, lanjut dia, pihaknya mengimbau seluruh warga yang berada di lereng Gunung Bromo untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi letusan yang lebih besar.
“Tetap menjaga kewaspadaan, tapi jangan panik,” ujarnya.
Selain itu, Gede mengatakan hingga saat ini belum perlu adanya evakuasi terhadap warga sekitar Gunung Bromo. Namun demikian, persiapan akan hal itu perlu dilakukan mengingat tingkat aktifitas Gunung Api Bromo hingga kini terus meningkat. (Sumber: Antara)
Padahal baru saja Gunung Merapi di Sleman Jogjakarta meletus sekarang sepertinya menunggu giliran. Terbukti hampir semua Gunung di Indonesia menunjukan gejala aktivitasnya yang tinggi seperti status siaga Gunung Krakatau dan Gunung Dempo di Sumatera Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar