Jumat, 03 Desember 2010

anggrek

Anggrek Bangka Cinderamata Khas Bangka

SUNGAILIAT, BANGKA POS.com — Anggrek Pensil yang diusulkan menjadi Anggrek Bangka karena salah satu anggrek endemik yang hanya terdapat di Pulau Bangka cocok dijadikan souvenir bagi para wisatawan.
Apalagi bunga anggrek ini sangat indah dengan perpaduan antara putih dan merah jambu keunggulan menarik minat para cinta anggrek untuk menanamnya.
“Anggrek ini cocok untuk jadi souvenir buat para wisatawan yang datang ke Bangka sehingga para wisatawan saat membeli oleholeh khas Bangka tidak hanya oleholeh berupa makanan yang habis dimakan tetapi juga cenderamata tanaman anggrek yang bisa ditanam dan awet. Dengan memandang anggrek ini orang jadi ingat Bangka sehingga bisah)menjadi dipromosi sebagai cenderamata khas Bangka,” ungkap Ketua Ketua Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Kabupaten Bangka Imam Rosadi barubaru ini kepada Bangka Pos Group di Pasar Bunga Sungailiat.
Menurutnya, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Bangka Flora Society membudidayakan tanaman anggrek khas Bangka ini sehingga nantinya bisa dijual untuk cenderamata khas Bangka dalam mendukung Visit Babel Archipelago 2010.
Anggrek Bangka ini merupakan salah satu dari 10 anggrek endemik yang hanya hidup di Bangka dimana populasinya banyak terdapat di kolongkolong bekas penambangan yang sudah lama.
“Populasinya masih banyak. Masyarakat belum familiar, Anggrek Bangka ini tumbuh di kolong-kolong yang ditambang sudah lama. Artinya kita tahu kolong tidak selamanya menjadi masalah tetapi bisa memberikan berkah juga ini harus kita lestarikan karena tidak tumbuh di tempat lain,” jelas Imam. (chy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar